Rabu, 06 Maret 2013

Peranan Internet Dalam Dunia Pendidikan


Nama: Muh. Yahya Alkautsar
Kelas: IX 9
No. Absen: 19 ( Sembilan Belas )

Peranan Internet Dalam Dunia Pendidikan
1.    Buku Online
Dengan internet siswa dapat mengunduh (download) berbagai macam buku pelajaran untuk di baca maupun di cetak dengan mudah.
2.    Sarana Pertukaran Data
Dengan internet, siswa dan guru dapat dengan mudah mengirim atau menerima tugas dan materi pelajaran melalui email.
3.    Pendalaman Materi Pelajaran
Dengan internet siswa dapat dengan mudah mengakses website-website yang menyediakan pelajaran-pelajaran untuk mencari tugas atau untuk mengetahui pelajaran – pelajaran yang belum di dapatkan di sekolah.
4.    Memperluas Wawasan
Secara tidak sadar, ketika siswa mencari tugas di internet, semua halaman yang pernah siswa buka pasti di baca terlebih dahulu sebelum di copy, tentu hal ini menambah wawasan siswa .
5.    Mendorong siswa untuk mengetahui cara – cara menggunakan komputer
Ketika seorang guru menyuruh muridnya untuk mengirim tugas melalui internet, mau tidak mau murid tersebut harus mempelajari cara menggunakan komputer agar tugasnya dapat di selesaikan .
6.    Tempat mencari materi pelajaran
Dengan internet guru dapat dengan mudah mencari bahan ajaran dari seluruh dunia untuk murid – muridnya .
7.    Tempat Berdiskusi
Siswa dapat dengan mudah berdiskusi mengenai tugas, pelajaran atau hal-hal mengenai pendidikan lainnya dengan siswa lain yang rumahnya jauh.
8.    Pelajaran di luar materi
Untuk menambah lebih banyak ilmu pengetahuan, siswa dapat mencari pelajaran di luar materi pelajaran yang di ajarkan di sekolah dengan internet .
9.    Mencari Beasiswa
Dengan internet siswa dapat mencari sekolah – sekolah yang menyediakan beasiswa.
10. Sarana Berkomunikasi
Dengan internet, guru dan murid dapat bercakap – cakap secara langsung melalui media – media seperti skype dan facebook, akan tetapi dengan tambahan perangkat keras tentunya, yaitu mic atau webcam .
11. Sarana Pembayaran sekolah
Dengan internet siswa dapat membayar sekolah dengan internet melalui situs – situs seperti paypal.
12. Sarana diskusi guru
Dengan internet, guru dapat berdiskusi dengan guru – guru lain di seluruh dunia mengenai strategi mengajar yang tepat, materi – materi pelajaran, bahan ajar, dl.
13. Sumber berita
Di internet terdapat banyak berita – berita dari seluruh dunia yang dapat menambah wawasan siswa .
14. Belajar online
Dengan menggunakan internet siswa dapat belajar dengan gurunya secara langsung melalui video call walau tak kesekolah dengan tidak ada batasan jarak antara komputer murid dan gurunya .

15. Belajar Budaya luar
Dengan menggunakan internet siswa dapat bercakap dengan orang – orang di luar negri, sehingga membantu siswa untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai bahasa, sosial, budaya, dan lainnya dari negara tempat orang yang di temani berbicara tinggal .
16. Belajar dengan tenang
Siswa bisa menggunakan internet untuk mencari informasi – informasi tentang pelajaran yang sulit di dengarkan dari guru karena gangguan dari teman kelas, keributan kelas, mengantuk, bosan, dan lainnya. Siswa juga dapat memilih waktu belajarnya sendiri karena
17. Menghemat uang jajan
Dengan internet siswa dapat mencari eBook dari situs – situs tertentu sehingga siswa dapat lebih hemat menggunakan uang dan tidak perlu lagi membeli buku – buku yang harganya mahal .
18. Mempermudah Pengiriman Hasil Ujian
Dengan menggunakan internet, sebuah sekolah dapat mengirimkan hasil ujian yang di adakan di sekolahnya hanya dalam hitungan detik daripada harus menunggu berhari – hari agar pusat pengumpulan hasil ujian menerima hasil ujian dari sekolah tersebut .

0 komentar:

Posting Komentar